Kamis, 30 Januari 2014

Memahami Etimologi Multimedia

Sejarah  perkembangan  multimedia

Lewat tahun 70-an, penggunaan mikro komputer telah dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah sistem yang sosfitikated bagi mempercepatkan penyelesaian perkerjaan sehari-hari. Penggunaan komputer  juga dapat menyebarkan  informasi dan juga dapat menyajikan hiburan kepada pengguna computer dan computer saat ini bukan menjadi barang yang baru ataupun mewah tetapi menjadi suatu kebutuhan. Ini menunjukkan evolusi dan perkembangan penciptaan teknologi komputer multimedia.

Perkembangan komputer


Pada tahun 60-an, komputer utama (main frame computer), digunakan untuk mengendalikan pusat data yang besar dan sistem keuangan.  1970-an,  terminal komputer diguna-kan oleh organisasi untuk menyebar dan mengatur penyebaran informasi.  Era 1980-an, data dapat diolah dengan menggunakan  komputer se-hingga memudahkan dan memper-cepat proses kerja demikian halnya penyebaran informasi lebih menarik dan lebih mudah diterima orang. Semua orang dapat memiliki komputer untuk melakukan pem-prosesan kata, permainan (game) komputer dan sebagainya.   1980-1990-an, perkembangan  penciptaan  komputer semakin drastis sehingga mencapai masa yang tidak terba-yangkan dari sebelumnya.


Istilah multimedia menurut etimologi bahasa

Sebagai jenis sarana: usaha pembangunan untuk dunia komunikasi.
Penyediaan Informasi pada computer yang menggunakan suara ,grafik, animasi dan teks. (Kamus besar bahasa Indonesia 2005).
Sedangkan arti multimedia dari kata yang sudah disatukan yaitu:
Multi media berasal dari 2 kata yaitu:
Multi yang mengandung arti banyak, lebih dari satu, berlipat ganda
Media : (Kamus besar bahasa Indonesia 2005).mengandung banyak arti namun ada 3 arti yang berdekatan dalam arti kata mengandung makna yang sama
1)      Alat
2)      Alat sarana komunikasi seperti: Koran, majalah ,radio, televise, film, poster dan spsnduk
3)      Perantara atau penghubung
4)      Yang terletak diantara kedua belah pihak
5)      Zat hara yang mengandung protein



Istilah Multimedia menurut terminology ICT

Istilah multimedia menurut terminoly ICT, Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, animasi, gambar dengan dilengkapi audio video yang di komunikasikan/ disampaikan baik melalui computer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain(Vaughan, 2006).

Kesimpulan kata multimedia dari kedua terminology tersebut dapat di gambarkan secara blok


Dari cuplikan diatas kesimpulan bahwa multimedia adalah merupakan suatu hasil karya sekelompok orang terampil dari berbagai bidang yang perlu dipoles sehingga menjadi suatu informasi yang menarik dan jelas akan tujuan yang dimaksud namun tidak sedikit pula orang mem-butuhkan  isi tetapi dengan penampilan yang menarik mereka menikmatinya. Sehingga multimedia perlu ditata sedemikian rupa semua elemennya, seperti  teks dibuat yang menarik dengan mempertimbangkan selera pasar ataupun siapa yang akan menikmatinya, audio/ suara disesuaikan dengan topik bila perlu keras ataupun suara halus bahkan mungkin memdesis tergantung topik yang akan  disuguhkan, kemudian gambar yang bagus dari mulai pencahayaan, sudut pengambilan yang bagus, tehnik pengambilan video yang tepat dari beberapa variable semua itu akan mendapatkan hasil yang dahsyat bagi pengguna multimedia. Banyak variable yang harus dipertimbangkan oleh produsen  multimedia dan ini sangat bekaitan dengan talenta masing -masing,  tidak bisa menjadi tolak ukur atau bandingan justru masing-masing individu harus kreatif dengan mempunyai ciri khas sendiri yang unik dan tidak mudah ditiru oleh orang lain, Sedangkan kesimpulan yang diambil oleh pelaku bisnis perangkat keras multimedia juga sangat berhubungan dengakan peningkatan perangkat keras yang perlu di imbangi denga kecepata mengakses data, karena semakin maju maka isi dari multimedia akan semakin besar data nya oleh Karen itu mereka juga mengembangkan usahanya dibidang perangkat keras dari mulai motherboard Processor terutam juga perangat media ditribusi yaitu CD ROM, DVD (Compact Disk read Only Memory) Menurut Lin, chipset nForce2 ini akan mengintegrasikan prosesor grafik GeForce4 yang kita gunakan sekarang ini ke dalam North Bridge, memasukkan kemampuan Dolby Digital ke dalam South Bridge, serta mendukung seluruh kemam-puan fitur teknologi baru seperti USB 2.0, Firewire, serta kemampuan LAN (Local Area Network) ganda. "semua fitur perangkat keras ini memang dirancang untuk keperluan multi-media, dan kita berkeyakinan kalau multimedia menjadi kunci utama fitur komputer PC masa depan," jelas-nya.(Kompas 16 Agustus 2002).
thumbnail
Judul: Memahami Etimologi Multimedia
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Multimedia :

0 komentar: