Rabu, 26 Maret 2014

Perangkat Masukan ( Input Device ) Komputer

Salah satu dari tiga komponen penting pada Perangkat Keras atau Hardware yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya adalah perangkat masukan atau input device. Sesuai dengan namanya perangkat ini bertugas memberikan masukan data dan perintah kedalam komputer.
Ocsamabel Blog

Perangkat Masukan atau Input Device

Pada artikel kali ini Ocsamabel Blog akan menjelaskan mengenai pengertian serta fungsi mouse dan keyboard pada komputer karena dua perangkat ini adalah perangkat masukan dasar dalam pergerakan oprasional komputer. Selain mouse dan keyboard sebenarnya masih banyak perangkat masukan lainnya seperti scanner dan microphone akan tetapi karena mouse dan keyboard menjadi perangkat masukan dasar maka artikel ini dibuat khusus membahas dua perangkat tersebut.

      1.       Mouse
Mouse merupakan alat penggerak pointer yang ada pada saat kita mengoprasikan sistem oprasi untuk menjalankan program aplikasi. Hampir semua komputer menggunakan mouse untuk alat pergerakan pointer, namun ada juga beberapa jenis komputer yang alat pergerakan pointernya mendapat perangkat masukan bukan mouse melainkan dari alat lain seperti contoh gampangnya adalah handphone. Handphone mempunyai alat pergerakan pointer namun bukan mouse kan?. “Apakah handphone itu juga komputer?” mungkin itu yang ada di pikiran kalian saat ini, jawaban yang tepat dari pertanyaan itu adalah IYA, “kenapa?” karena handphone adalah alat elektronik dan pengertian komputer adalah alat elektronik yang membantu pekerjaan manusia (pengertian komputer dapat dilihat disini).
Mouse memiliki perkembangan yang begitu pesat bisa dilihat dari produk mouse pertama kali yang masih menggunakan kabel yang portnya PS2 lalu dikembangkan lagi untuk bisa digunakan pada port USB, namun pada saat ini mouse sudah tidak lagi menggunakan kabel melainkan menggunakan sinyal wireless. Fungsi dari berbagai jenis mouse pada dasarnya sama yaitu: TOMBOL KLIK KANAN yang berfungsi untuk mengeluarkan shortcut dan perintah perintah yang tidak terlihat. TOMBOL KLIK KIRI berfungsi untuk masuk dan memulai memulai aplikasi yang ditunjuk oleh pointer. SCROLL BUTTON berfungsi untuk menggeser halaman atau program aplikasi tertentu.

      2.       Keyboard
Keyboard merupakan papan ketik yang digunakan untuk perangkat masukan berupa tulisan dan perintah shortcut. Sama dengan mouse, keyboard juga memiliki perkembangan yang sangat pesat, selain digunakan untuk mengetik keyboard juga digunakan untuk perintah-perintah pada aplikasi multimedia seperti perintah pada PHOTOSHOP apabila kita menekan tombol “V” (tanpa tanda kutip) maka otomatis akan memilih tools “Move Tool” begitu juga “E” dan masih banyak lagi (fungsi tools photoshop bisa dipelajari disini).
Keyboard berbentuk papan dengan penyusunan mesin ketik manual dengan urutan QWERTY, keyboard juga memiliki tombol F1 – F12 dan tambahan lainnya yang pada setiap komputer memiliki fungsi yang berbeda pula. Jadi pengertian keyboard secara singkat adalah perangkat masukan data teks kedalam komputer yang digunakan dengan cara mengetik tulisan manual.


Sampai pada saat ini mouse dan keyboard menjadi perangkat masukan dasar sehingga pengertian dan fungsinya Ocsamabel Blog jelaskan pada artikel kali ini. Selain perangkat masukan, perangkat komputer yang tidak kalah pentingnya adalah Perangkat Pengolahan Data, artikel dapat dilihat disini.

Ocsamabel Blog
Cukup sekian artikel pada kali ini, mohon kritik dan saran dalam artikel ini. Apabila artikel ini bermanfaat bantu ocsamabel blog memberi ilmu pada yang lain dengan cara klik tombol share di bawah ini atau dengan bergabung di OCSAMABEL BLOG dan di FANSPAGE OCSAMABEL BLOG. Komentar anda akan sangat membantu kemajuan ocsamabel blog.
thumbnail
Judul: Perangkat Masukan ( Input Device ) Komputer
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Komputer :

0 komentar: