Selasa, 25 Maret 2014

Sistem Komponen Komputer

Secara umum komputer adalah seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik guna membantu pekerjaan manusia untuk mendapatkan hasil yang cepat dan akurat. Berdasarkan fakta pada saat ini komputer tidak hanya digunakan untuk membantu pekerjaan manusia saja namun digunakan sebagai sarana mencari dan menyebar informasi melalui situs-situs yang di akses dari komputer menggunakan bantuan koneksi internet berupa modem.

SISTEM KOMPONEN KOMPUTER

Ocsamabel Blog
Komputer mempunyai rangkaian elektronik yang rumit dan kumpulan komponen yang saling melengkapi. Setiap komponen memiliki tugas berbeda beda yang akan Ocsamabel Blog jelaskan pada artikel kali ini.
Seperti halnya film, komputer juga memiliki pemeran utama yang memegang peran sangat penting. Namun di dalam komputer yang memegang peran utama itu ada dua yaitu komponen perangkat keras atau hardware dan komponen perangkat lunak atau software.

      1.       Perangkat Keras atau Hardware

Ocsamabel BlogPerangkat keras merupakan salah satu dari dua komponen utama komputer. Peralatan-peralatan yang berfungsi untuk mengoprasikan komputer terdapat dalam komponen perangkat keras ini. Wujud dari komputer tergantung pada perangkat ini. Contoh gampangnya adalah monitor, monitor adalah perangkat keras yang masuk kedalam kategori perangkat keluaran. Apabila si pembuat monitor membuat perangkat kerasnya berbentuk segitiga maka otomatis monitornya berbentuk segitiga, hal ini didasarkan atas wujud dari komputer tergantung perangkat keras.
Pengertian perangkat keras, perangkat keras adalah perangkat yang berfungsi melakukan proses masukan (dapat dilihat disini), proses pengolahan data (dapat dilihat disini) dan proses keluaran (dapat dilihat disini). Perangkat keras tidak sepenuhnya terlihat dari luar saja tetapi juga terdapat di dalam komputer itu seperti motherboard yang terdapat dalam CPU ( Central Processing Unit ).

       2.       Perangkat Lunak atau Software

Ocsamabel BlogPerangkat lunak merupakan salah dua dari dua komponen utama komputer. Program yang berisi sekumpulan perintah terdapat dalam komponen perangkat lunak ini. Jalan atau tidaknya sistem komputer sangat bergantung pada perangkat ini. Semisalnya anda mempunyai komputer namun tidak memiliki sistem maka komputer itu tidak akan bisa nyala, oleh karena itu dikatakan komputer mempunyai kumpulan komponen yang saling melengkapi.
Pengertian perangkat lunak, perangkat lunak adalah program komputer yang berisi sekumpulan perintah untuk memberi arahan kepada komputer supaya melakukan berbagai pengoprasian atau pemrosesan pada data dalam program tersebut. Secara garis besar perangkat lunak atau software ini dibagi menjadi dua bagian yaitu Sistem ( dapat dilihat disini ) dan Aplikasi ( dapat dilihat disini ).

Singkat kata mengenai artikel ini:
Perangkat keras atau hardware merupakan ‘tubuh’ sedangkan perangkat lunak atau software merupakan ‘jiwa’ dalam sebuah komputer. Jadi perangkat keras tanpa adanya perangkat lunak tidak akan ada artinya karena komputer tidak bisa mempermudah serta mempercepat pekerjaan manusia begitu juga apabila perangkat lunak tanpa adanya perangkat keras karena sistem tidak bisa berjalan apabila tidak ada alat. Kedua komponen komputer ini sangat saling melengkapi dalam sebuah komputer
Ocsamabel Blog

Cukup sekian artikel pada kali ini, mohon kritik dan saran dalam artikel ini. Apabila artikel ini bermanfaat bantu ocsamabel blog memberi ilmu pada yang lain dengan cara klik tombol share di bawah ini atau dengan bergabung di OCSAMABEL BLOG dan di FANSPAGE OCSAMABEL BLOG. Komentar anda akan sangat membantu kemajuan ocsamabel blog.
thumbnail
Judul: Sistem Komponen Komputer
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Komputer :

0 komentar: